Cara Memotong Rockwool untuk Media Tanam Hidroponik

By | August 1, 2018

Untuk penggemar hidroponik, rockwool tidak asing, yang merupakan media tanam yang cocok dan cocok untuk semua jenis sayuran. Bentuk rockwool memang mirip dengan kapas yang lebat dan berbulu karena terbuat dari bahan mineral batuan. Karena itu, ketika kita ingin memotong rockwool, kita perlu melakukannya dengan hati-hati.
Tidak jarang saat pemotongan dilakukan, ada serpihan rockwool terbang. Tentu saja akan berbahaya jika serat rockwool dihirup. Karena itu, sebelum memotong rockwool, hobi hidroponik dianjurkan menggunakan masker atau penutup hidung.

Untuk memotong rockwool, siapkan penggaris besi dan gergaji besi kecil. Jangan gunakan pisau atau benda tajam lainnya dengan permukaan yang halus, karena sulit dipotong dan akan membuat rockwool pecah. Alat yang cocok untuk memotong rockwool, yaitu gergaji kecil atau pisau bergerigi. Berikut ini adalah langkah-langkah dan cara memotong dan menggunakan rockwool.

Jika diamati, permukaan rockwool terdiri dari dua bagian. Satu sisi, bagian yang terlihat berpola dan memiliki alur, sisi lainnya tidak berpola. Di bagian berpola, buat 4 garis menggunakan gergaji besi dengan arah memanjang.
Tarik garis lurus ke keempat sisi. Hal ini dilakukan agar panduan lebar untuk rockwool terbentuk yang dipotong seragam, yaitu sekitar 1,5 cm dan ketika dipotong tidak ada bagian yang terbuang.
Potong rockwool dengan lembut agar tidak pecah dan debu menyebar. Pastikan potongan dilakukan lurus dan merata.
Potong rockwool yang berbentuk lembaran dengan panjang dan lebar masing-masing 2,5 cm. Rockwool siap digunakan.

Khusus untuk rockwool yang sudah berbentuk lembaran, Anda tidak boleh memotongnya sampai benar-benar terpisah. Namun, berikan sedikit yang tersisa di bagian bawah untuk tetap bersama dan cukup mudah untuk dipisahkan menggunakan tangan Anda. Tujuannya adalah untuk memudahkan penyimpanan saat tidak digunakan sekaligus. Selain itu, metode ini juga memudahkan petani untuk menentukan bagian yang tepat dari rockwool untuk meletakkan benih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *