Delima Rontok? Gunakan Cara Ini

By | December 20, 2018

Secara umum, faktor kehilangan bunga pada setiap jenis tanaman adalah umum karena proses fisiologis seperti tanaman delima. Kehilangan bunga terjadi karena tanaman delima yang ditanam kekurangan nutrisi atau disebut juga defisiensi.
Karena bunga merupakan tempat reproduksi pada tanaman, maka jika terganggu atau mengalami kehilangan, dapat membuat buah delima tidak dapat mengalami pembuahan juga. Faktor lain yang membuat bunga delima terlepas dari kurangnya nutrisi adalah kurangnya kontrol atas penyiraman tanaman secara tidak teratur.

Faktor-faktor hormon yang terjadi pada tanaman juga dapat membuat bunga tanaman delima rontok. Ini tentu karena kurangnya tanaman lengkap dalam memproduksi enzim tertentu. Salah satu hormon yang paling penting seperti dengan phytohormones bisa bermasalah sehingga peran proses pembentukan bunga tidak maksimal. Untuk bisa mengatasi kehilangan bunga, perawatan berikut bisa dilakukan.

Penyiraman secara teratur

Lakukan penyiraman mawar 2 kali sehari. Pertama-tama siram di pagi hari sebelum matahari muncul. Untuk kedua kalinya Anda bisa menyiramnya di sore hari. Pastikan tanah yang disiram benar-benar meresap dan tidak menggenang. Selama musim hujan, Anda hanya perlu memperhatikan air agar tidak terus membanjiri tanaman.

Pemberian pupuk

Anda dapat membuat pupuk ketika Anda melihat bunga delima jatuh, jika tanaman delima Anda belum diberi pupuk sebelumnya. Ini karena tanaman delima yang telah diberi pupuk, tetapi suatu saat bunga rontok dapat disebabkan oleh faktor lain. Faktor ini, baik adanya gangguan hormon reproduksi pada tanaman ini maupun kekurangan air.

Pemangkasan
Salah satu langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengantisipasi kerugian adalah memangkas. Hal ini dilakukan untuk merangsang perkembangan proses berbunga lagi di delima. Melakukan proses pemangkasan saja memberikan efek khusus yang tampaknya tidak memfasilitasi penyerapan nutrisi yang dilakukan dalam sistem reproduksi tanaman. Dengan begitu, membuat tanaman delima bisa berbunga dengan baik.

Sebelum pemangkasan, pastikan tanaman terlihat tidak tumbuh secara konsisten di beberapa cabang seperti ada kerugian di beberapa bagian. Potong di ujung tanaman. Berikan kembali pupuk setelah pemangkasan. Pastikan untuk selalu menyirami tanaman setiap hari. Ini karena tanaman delima dalam memproduksi buah membutuhkan asupan air yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *