Inovasi Baru, Stiker Penghambat Kebusukan Buah

By | March 7, 2018

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk selalu makan buah dalam upaya memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Buah harus selalu ada di meja makan, termasuk di tas dan meja kantor. Namun, masalahnya adalah busuk buah yang sulit dihindari.
Padahal, camilan sehat ini selalu bisa menghadirkan rasa segar di mulut dan memenuhi kebutuhan vitamin bagi tubuh. Sayangnya, ‘penghematan’ buah di rumah cenderung pecah dan membusuk dengan cepat. Umur buah tidak terlalu panjang.

Proses oksidasi dan alami membuatnya matang, manis, dan kemudian membusuk. Rupanya sekarang ada cara praktis untuk menghambat buah busuk sehingga bisa disimpan dan dinikmati lebih lama, menggunakan stiker yang disebut StixFresh.

Stiker ini, seperti dikutip dari Asian Food Navigator, dikembangkan oleh Zhafri Zainudin, warga negara Malaysia. Dia mengungkapkan dengan timnya dari beberapa universitas di Malaysia bahwa mereka telah mengembangkan stiker buah selama 4 tahun.

Stiker dilapisi dengan campuran natrium klorida dan lilin lebah, yang memperlambat proses pematangan buah dengan menghilangkan etilen.

Stiker ini diklaim menggunakan bahan alami 100 persen untuk menjaga buah segar dan segar selama 14 hari atau lebih dan bahkan stiker dapat dimakan.

Gagasan orisinal berasal dari masalah menyimpan buah busuk. Dari sana, Zhafri mencoba membuat sesuatu yang bisa memperlambat proses pembusukan buah.

Stixfresh dapat digunakan pada buah, sayuran termasuk tanaman berakar. Dan, pada kenyataannya, itu dapat mengurangi busuk hingga 40 persen menjadi 50 persen. Menarik bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *