Tips Membuat Akuaponik Sederhana untuk Pemula

By | February 12, 2018

Hobi Anda berkebun tetapi tidak cukup lahan untuk mewujudkannya? Sebenarnya, saat ini ada berbagai cara untuk menyalurkan hobi berkebun termasuk dengan membuat aquaponik sederhana. Ini bahkan cocok untuk Anda yang masih pemula dan ingin mengisi waktu luang Anda untuk berkebun.
Dengan membuat aquaponik sederhana ini, Anda akan mendapatkan dua manfaat dalam bentuk pemeliharaan ikan dan pemeliharaan tanaman. Inilah cara membuat aquaponik sederhana untuk rumah Anda.

bahan

Baki kultur berukuran 79 × 40 × 4 cm
30 baut mur
1 bungkus jaring plastik
1 kg media tanam
2 meter pipa 0,5 inci
Pipa dan tutup siku
4 buah pipa pengontrol air
1 pompa air 946 liter / jam
Akuarium
Menanam

Cara pembuatan

Siapkan semua bahan dan alat seperti baki kultur, kain kasa, dan media tanam. Siapkan 2 potongan pipa pertama sepanjang lebar media tanam dan yang kedua lebih panjang sehingga pompa akuarium kecil bisa masuk ke akuarium.

Hubungkan antara satu pipa dan pipa lainnya dengan siku dan tutup ujung kecil pipa. Lumasi setiap pipa kecil sebagai jalur aliran air dan pastikan Anda memasang pengatur aliran air untuk menyesuaikan kecepatan aliran air. Pasang ke tepi bak tanam sampai keduanya bergabung ke tepi dengan meninju lubang di bak dan menghubungkannya.

Pasang pompa di ujung pipa panjang di bagian bawah akuarium. Persiapkan media tanam dan potong kecil-kecil. Siram dengan air dan pastikan sisa air semprotan keluar. Setelah media tanam berubah warna sedikit lebih gelap, Anda dapat menggumpal dan meletakkannya di media tanam sampai penuh.

Pastikan Anda memadatkan media tanam dan membuat media tanam melebihi batas bak tanam. Pasang kasa plastik dan gunting seukuran bak tanam yang sudah mengandung media tanam. Buat beberapa lubang di tepi bak tanam untuk merekatkan kasa plastik ke bak tanam menggunakan mur baut.
Untuk penanaman, bisa dilakukan dengan memotong kasa plastik kotak. Bersihkan tanaman dari media tanam sebelumnya dengan mencelupkannya ke dalam air. Buat lubang di media tanam dan masukkan tanaman ke dalam lubang. Lakukan hal yang sama untuk tanaman lain.

Tempatkan bak tanam di atas akuarium dan tempelkan ke dinding. Periksa apakah irigasi berjalan dengan lancar atau tidak. Jika aliran air mampu mengalir ke atas dan menetes ke akuarium, itu pertanda bahwa aquaponik Anda telah selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *