Tips Sederhana Mencangkok Sawo Tanpa Tanah

By | June 5, 2018

Teknik transplantasi tanaman identik dengan penggunaan tanah di dalamnya, termasuk saat Anda menanam tanaman sawo. Namun, adakah teknik mencangkok coklat tanpa tanah?
Tentu saja kita tahu bahwa pohon sawo adalah salah satu tanaman yang sulit dicangkok karena regenerasi sel cukup lambat. Diperlukan 8 bulan paling awal untuk mengeluarkan cabang-cabang tanaman yang sedang dicangkok dan ini tentu saja tidak terlalu praktis karena waktu tunggu yang lama.

Saat ini, metode okulasi pohon sawo telah ditemukan tanpa menggunakan tanah. Dengan menerapkan metode ini, waktu yang dibutuhkan untuk mencangkok tanaman sawo hanya berkisar antara 15-20 hari setelah bercabang.

Pada prinsipnya, proses ini dilakukan dengan membuat sayatan miring yang melukai jaringan xilem dan meristem sehingga memicu akumulasi hormon auksin yang jatuh dari atas tanaman.

Diperlukan alat dan bahan seperti sawo, pisau pemotong, hormon giberelin (GA3, GA7, dan GA12), asam traumalin, plastik bening, dan lumut. Kemudian, siapkan tanaman sawo yang akan digunakan sebagai pohon induk, pilih cabang tanaman yang akan dicangkok. Cabang yang baik harus dalam kondisi baik, pertumbuhan halus, dan ukuran ibu jari.

Buat sayatan miring pada cabang dari bawah ke atas dengan panjang 2/3 dari diameter cabang. Coba perpanjang sayatan menjadi 1-2 cm dan pastikan jaringan kayunya terluka. Gunakan pemotong baru sehingga Anda dapat membuat sayatan yang sempurna.

Gabungkan hormon giberelin dan asam traumalin dengan komposisi sesuai dengan instruksi pada kemasan. Hormon Gibberelin berfungsi sebagai stimulator pertumbuhan akar dan asam traumalin yang berguna untuk mempercepat penyembuhan luka. Campuran ini kemudian dioleskan pada lembaran plastik, kemudian diselipkan ke bekas sayatan di cabang tanaman.
Agar kelembaban tidak mengering, sayatan ini perlu dibungkus dengan kantong plastik lain. Dalam dua minggu, tonjolan akar potensial akan muncul dari bekas sayatan cabang. Tunggu beberapa hari lagi sampai akarnya tumbuh cukup panjang.

Setelah itu, bungkus plastik dikeluarkan dari cabang. Siapkan lumut yang diletakkan di atas plastik, lalu ikat plastik yang berisi lumut ini untuk menutupi semua akar yang telah terbentuk pada cabang.

Cabang-cabang tanaman siap digunakan sebagai bibit tanaman saat mencapai 1-2 bulan. Potong cabang dari pohon induk. Selanjutnya, tanam benih sawo ini di tanah yang agak berpasir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *